Home » » Cara Mengganti HDD internal PS3

Cara Mengganti HDD internal PS3

PlayStation 3 kini semakin banyak dicari, dengan game game terbaru serta efek gambar yg begitu memukau, membuat console PS3 ini banyak di sukai oleh para gamer. Apalagi dengan adanya Jailbreak yang memungkinkan PlayStation 3 memainkan game bajakan.

Namun sayangnya game game yang dirilis sekarang membutuhkan space Hardisk yang cukup besar untuk menginstall game PS3 tersebut, apalagi jika anda memainkan PS3 dengan Jailbreak atau CFW-nya, data yang harus dimasukkan ke internalpun akan semakin besar karena beberapa game PS3 bajakan harus dicopy dulu ke internal baru dapat dimainkan dengan lancar.

Berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara mengganti HDD internal PS 3.

Caranya sebagai berikut :

Pertama, sebelum mengganti hardisk PS3 disarankan untuk membackup system data dulu, prosesi backup ini cukup mudah, kita tinggal memasang hardisk external pada port USB console PS3, kemudian masuk ke menu PS3 >> Pilih System Setting >>> BackUp System >>> Backup.



Proses backup akan berjalan sesuai dengan besaran data, karena backup akan menyimpan data data dari Save Games, Game Data, bahkan Copy-an game yg ada pada hardisk internal.

Setelah proses backup selesai, matikan PS3 dan cabut semua kabel yang ada di PS3. Setelah itu lihat ke bagian kiri, disitu ada bagian tempat hardisk. Geser dan congkel penutup hardisknya (ngga susah kok, pake tangan aja cukup) dan anda akan melihat proteksi hardisk yang diperkuat oleh 1 buah baut.


Cukup buka baut tersebut dengan obeng kecil kemudian anda akan melihat pegangan menempel diproteksi hardisk.


Angkat pegangan tersebut dan geser proteksi hardisk itu kekanan dan tarik keluar.


Disebelah kanan dan kiri hardisk itu ada baut, lepas bautnya kemudian gantilah hardisk itu dengan hardisk yg baru.

Setelah itu kencangkan semua baut dan pasang hardisk kedalam PS3 seperti semula.

Setelah hardisk terpasang, nyalakan kembali PS3 seperti biasa. Maka PS3 akan mengenali hardisk baru anda dan meminta anda untuk memformatnya. Cukup tekan Yes dan PS3 akan langsung memformat hardisk tersebut.



Setelah itu system akan merestart dan pada beberapa PS3 system akan langsung masuk ke XMB, namun  akan meminta firmware untuk diinstall terlebih dahulu.

Nah, sampai sini sebenarnya sudah selesai.

Tapi bagaimana dengan data anda sebelumnya? Tenang, kan udah dibackup. Cukup pasang hardisk external, kemudian pilih System Setting >>> Backup System >>> Restore.



Note :

Untuk PS3 yang diminta firmwarenya, instalasi firmware dapat dilakukan dengan cara mendownload firmware dari situs resmi Sony.

Copy file hasil download tersebut kedalam flasdisk atau hardisk external, dan buatlah folder dengan nama folder PS3, kemudian di dalam folder PS3 buat lagi satu folder dengan nama folder UPDATE  kemudian paste file hasil download.

Sekian artikel saya tentan Cara Mengganti HDD Internal PS 3, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rate this posting :
{[['']]}

POSTING TERKAIT :

6 komentar:

  1. Firmware otomatis update..efek jadi gak bisa main dari hdd ext..

    BalasHapus
  2. admin saya mau nanya.. aku punya ps 3..tapi pada saat di nyalakan cuman rogero 4.55 aja yg muncul kemudian di ikuti gambar bergelombang pada layar tv. setelah aku tungguin sampai 15 menit ada perintah untuk menekan yes..setelah aku tekan kemudian ps nya melakukan restoring data...aku nunggu sampai subuh tapi nggak kelar2.. aku ulangi dan tungguin tapi nyampe 36% systemnya corrupted. apa yg harus saya lakukan..mohon bantuannya..trimz

    BalasHapus
  3. masalah hardisknya ituh....caranya format hardisk..

    BalasHapus